Perputaran Tambak – Apa itu dan Bagaimana Menghentikannya

Perputaran kolam adalah fenomena yang sebagian besar akan luput dari perhatian jika bukan karena konsekuensi yang kadang-kadang mengerikan. Omset ringan bisa membuat Anda berawan selama beberapa hari.

Omset yang parah dapat membunuh ribuan ikan, dan meninggalkan properti Anda berbau seperti telur yang membusuk selama sebulan.

Apakah pergantian kolam? Bagaimana pengaruhnya terhadap kolam saya? Bagaimana cara mencegah omset terjadi?

Tujuan dari blog ini adalah untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini-membantu pemilik rumah rata-rata untuk menemukan solusi untuk masalah perombakan kolam mereka.

Apa itu Perombakan Pond?

Peralihan kolam adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pencampuran perairan yang stagnan, atau 'bertingkat' di sebuah kolam. Stratifikasi adalah suatu kejadian di mana air memisahkan menjadi tiga lapisan yang berbeda – seperti kue lapis – masing-masing dengan suhu yang berbeda dan tingkat oksigen terlarut.

Tingkat atas, yang dikenal sebagai epilimnion, terdiri dari hangat, air lebih ringan yang memiliki kandungan oksigen terlarut yang tinggi – ini adalah tempat ikan cenderung tinggal. Lapisan tengah kolam dikenal sebagai termoklin; di lapisan 'transisi' ini, suhu air dan tingkat oksigen terlarut menjadi lebih rendah dengan kedalaman.

Akhirnya, lapisan terendah dari sebuah kolam disebut sebagai hypolimnion. Lapisan ini adalah yang terdingin dan paling banyak oksigen yang dipisahkan dari ketiganya, karena terlindung dari segala kondisi atmosfer oleh dua lapisan di atas. Perputaran kolam adalah ketika kondisi cuaca mendukung pencampuran lapisan-lapisan ini.

Ketika epilimnion didinginkan oleh jatuhnya udara ke suhu di bawah lapisan bawah, ia menjadi lebih padat dan tenggelam-pencampuran lapisan bersama-sama menjadi suhu dan kepadatan yang seragam. Kebalikannya terjadi setelah musim dingin dan siklusnya berlanjut setiap tahun. Terkadang hujan dingin dan angin kencang dapat memicu pergantian musim panas tambahan juga.

Bagaimana Perputaran Mempengaruhi Kolam Saya atau Danau?

Materi organik seperti tanaman mati dan ikan, dedaunan, dll. Tenggelam dan terakumulasi di tingkat terendah, hypolimnion, karena gravitasi secara alami menariknya ke sana. Sayangnya, lapisan ini memiliki sedikit atau tidak ada oksigen yang akan membantu aerobik, atau pernapasan oksigen, bakteri memecah materi. Sebaliknya, bakteri pernapasan anaerobik atau non-oksigen melakukan pekerjaan. Bukan hanya bakteri ini tujuh belas kali lebih lambat daripada rekan-rekan aerobik mereka, mereka juga melepaskan gas beracun seperti metana, hidrogen sulfida, dan amonia saat mereka mencerna.

Gas beracun ini terperangkap dalam hypolimnion, dan dilepaskan sekaligus ketika tingkat campuran. Jadi, bagaimana perputaran ini memengaruhi kolam Anda? Itu melakukan empat hal:

  1. Gas beracun melepaskan racun ikan, menyebabkan ikan membunuh
  2. Bakteri aerobik diberikan akses ke bahan organik setelah dikunci di bagian bawah, dengan cepat mengisap semua oksigen keluar dari air dan mencekik ikan Anda
  3. Bau gas yang dilepaskan mengisi daerah sekitarnya, termasuk rumah Anda, dengan bau anyir
  4. Hypolimnion yang malang mengaburkan air Anda, menyebabkan kolam Anda tampak sangat kotor

Bagaimana Saya Mencegah Perputaran Dari Terjadi?

Ada dua hal yang perlu dilakukan untuk mencegah efek buruk dari pergantian kolam. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah campurkan lapisan kolam Anda untuk menjaga mereka dari stratifikasi. Hal kedua yang perlu Anda lakukan adalah memberikan oksigen ke seluruh kolam, mempromosikan konsumsi bahan organik oleh bakteri aerobik.

Tidak hanya udara akan menghindari produksi gas beracun, tetapi juga akan memastikan bahwa ikan Anda diberi udara yang cukup untuk bernafas. Kedua hal ini penting untuk menghindari ikan yang membunuh dan bau busuk.

Leave a Reply